MEMBUAT BLOG
A. pengertian
Blog adalah kependekan dari Weblog,
istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn
Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan
istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate
secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik
disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.
Blog,
secara bahasa merupakan singkatan dari Weblog. Weblog sendiri merupakan singkatan dari“Logging The Web”. Asal-usul dari istilah “Logging The
Web” adalah memasuki web dan menuliskan ‘kesimpulan link-link mana yang
menarik‘ dan memberikan pendapat tentang link tersebut di jurnal
online mereka. Lebih lengkap
Secara garis
besar, Weblog dapat dirangkum sebagai kumpulan website pribadi yang
memungkinkan para pembuatnya menampilkan berbagai jenis isi pada web dengan
mudah, seperti karya tulis, kumpulan link internet, dokumen-dokumen(file-file
WOrd,PDF,dll), gambar ataupun multimedia.
Para pembuat
blog dinamakan Blogger. Melalui Blognya, kepribadian Blogger menjadi mudah
dikenali berdasarkan topik apa yang disukai, apa tanggapan terhadap link-link
yang di pilih dan isu-isu didalamnya. Oleh karena itu Blog bersifat sangat
personal.
Perkembangan lain dari Blog yaitu
ketika Blog memuat tulisan tentang apa yang seorang Blogger pikirkan, rasakan,
hingga apa yang dia lakukan sehari-hari. Blog kemudian juga menjadi Diary
Online yang berada di Internet. Satu-satunya hal yang membedakan Blog dari
Diary atau Jurnal yang biasa kita miliki adalah bahwa Blog dibuat untuk dibaca
orang lain.
A. Sejarah
Blog
Blog merupakan hasil evolusi dari diary online. Diary
atau catatan harian mengenai pendapat, opini, dan apapun itu dalam bentuk yang
dipublikasikan secara online (menggunakan website). Salah seorang pioneer dari
internet-based journalist ini adalah Justin Hall, yang melakukan membuat online
diarynya Justin Links From The Underground ketika dia masih merupakan pelajar
dari Swarthmore College.
Kala itu,
Blog (atau ketika itu bernama online diary) pada umumnya merupakan website yang
berisi kumpulan link menuju halaman web lain yang disertai komentar dan opini
pemilik online diary tersebut mengenai halaman dari tujuan link tersebut.
Sehingga online diary ketika itu bisa juga dikatakan sebagai katalog link
berdasarkan opini pemilik. Para diarist adalah editor yang memilih link mana
yang menarik dan menampilkan link tersebut di online diarynya. Pada tahun 1997,
Jorn Barger, seorang programer yang juga mengelola website online diary “robot
wisdom” menciptakan istilah weblog yang diambil dari kata “logging the web”. Logging bisa diartikan masuk. Jadi,
logging the web bisa diartikan “memasuki web”. Korelasinya adalah blogger awal
di kala itu merupakan orang yang masuk ke belantara web dan menyortir link-link
menarik berdasarkan opininya. Hingga 1998, baru ada beberapa website yang dapat
diidentifikasikan sebagai blog, hingga ketika itu menjelajahi semua weblog
masih memungkingkan untuk di lakukan.
Pada tahun
1999, Peter Merholz menyebutkan istilah weblog sebagai
wee-blog, hingga akhirnya dibuat pendek menjadi blog saja. Orang yang mengelola
blog kemudian di sebut “blogger”. Dari titik itulah semuanya berubah. Semakin
hari, semakin banyak orang yang membuat blog. Pertumbuhan blog menjadi semakin
signifikan ketika Pitas merilis Blogger.com pada Juli 1999. Blogger.com
merupakan web service yang memungkinkan orang yang bahkan tidak memiliki
kemampuan html sekalipun mampu menciptakan dan mengelola blog. Di titik ini,
blog benar-benar berubah. Bahkan definisi blog mulai bergeser.Blog yang awalnya
merupakan kumpulan link yang dikomentari oleh pemilik blog, mulai bergeser
menjadi media ekspresi bebas semau pemilik blog yang ditampilkan secara
kronologis terbalik. Dari sini, semuanya benar-benar berubah. Blog bertumbuh
demikian cepat. Terlebih setelah Movable Type diluncurkan dan wordpress sebagai
project kelanjutan cms b2 dirilis ke publik sebagai blog engine.
B. Manfaat
dari Blog
1.
Menambah ilmu, Setiap kita menguasai
sebuah ilmu, tentu semakin bertambah ilmu dan pengetahuan kita, selain untuk
menyalurkan ide, bakat, hoby, mengisi waktu luang dengan hal yang bermanfaat,
juga bisa mendatangkan uang.
2.
Menjadi seorang researcher (peneliti), Saat anda mulai
memahami cara membuat blog, dan menjadi blogger, mulai menulis artikel-artikel tentang
apa saja yang anda bisa dan sukai, atau bahkan yang hanya tahu sedikit-sedikit,
tentu anda tidak ingin asal menulis karena tujuannya adalah pengunjung atau
pembaca blog anda mendapatkan info yang baik dan bermanfaat. Untuk menulis
sesuatu yang baik, benar, dan bermanfaat sering kita harus melakukan sedikit
research atau penelitian, dalam hal ini cari referensi, baik dari buku, dialog
dengan temen, atau lewat search engine terutama google. Nah dari usaha-usaha kita dalam
membuat artikel yang baik tersebut kita pasti jadi banyak menemukan hal-hal
baru karena kita membaca dan memahami, dan kita semakin tahu bagaimana
melakukan research /penelitian sederhana bahkan singkat dan merangkumnya dalam
sebuah artikel original yang informatif dan berguna untuk orang lain.
3.
Menjadi penulis yang
lebih baik, Hampir mirip dengan point diatas, kita secara tidak langsung akan
semakin terbiasa menulis. Dan secara alami kita pasti akan mencoba menyusun
kalimat dan paragraf dan susunan kata-kata sebaik mungkin agar artikel kita
menarik, dan nyaman dibaca oleh pengunjung blog. Tentu saja hal itu
akanmeningkatkan kemampuan kita dalam menulis dan menuangkan isi pikiran dan
isi hati dalam bentuk tulisan. Sadar atau tidak sadar anda telah menjadi
seorang penulis..
4.
Menjadi terkenal, Semakin banyak artikel bermanfaat yang kita
tulis di blog dan semakin banyak orang membaca dan menyukai tulisan kita
(tentang apa saja yang kita bisa dan sukai), tentunya kita akan semakin dikenal
banyak pengguna internet karena artikel-artikel kita yang bermanfaat untuk
mereka, dan semakin kita sadari manfaat blog bagi kita.
5.
Menambah teman dan
relasi, Blogger terdiri dari banyak kalangan, profesi, usia, dan dari seluruh
dunia yang bisa saling berinteraksi setiap saat. Sangat besar potensi kita
untuk memperluas pergaulan, mendapatkan teman-teman baru dan relasi-relasi baru
khusunya dalam hobby/kesukaan/profesi yang sama. Dari sana sangat memungkinkan
terjadi tukar ide, berbagi pengalaman, bahkan potensi-potensi usaha.
6.
Membantu orang lain, Jika anda mempunyai tips-tips atau
pengetahuan dalam bidang tertentu yang bermanfaat bagi orang lain, pastilah
pengunjung anda akan merasa sangat terbantu dengan tulisan-tulisan anda, Jadi,
dengan menulis artikel-artikel dalam sebuah blog, kita bisa membantu orang
lain.
7.
Menghasilkan uang, Jangan lupa jika blog bisa menghasilkan
uang. Logikanya, semakin blog kita banyak pengunjung, salah satu cara
menghasilkan uang dari blog adalah melalui program periklanan yang biasa
disebut PPC (Paid Per Click). Jadi kita dibayar berdasarkan perklik iklan yang
dilakukan pengunjung oleh advertiser penyedia jasa periklanan, baik luar maupun
dalam negri.
8.
Media
Promosi, Blog ditempatkan di jaringan internet. Dengan strategi yang tepat
(SEO+SMM+Other Techniques) anda bisa mendatangkan para pengguna internet ke
blog anda dan membuatnya membaca apa yang anda promosikan.
C.
Kerugian dari Blog
1. Isi tidak dapat dipertanggungjawabkan
2. Sebagai saranan penipuan
3. Mempermudah plagiat
D.
Jenis-jenis Blog
1.
Berdasarkan Jenisnya
a. Online Diary / Online Journal /
Personal blog. Blog
yang berisi hal – hal seperti pengalaman, opini, atau pendapat pribadi dari
blogger yang mempublish-nya. Entah ber-niche atau tidak, satu poin penting dari
personal blog adalah jenis blog ini mengandalkan spontanitas dari blogger itu
sendiri. Update dilakukan ( bisa berupa update teratur atau tidak ) setiap
blogger memiliki “sesuatu” utuk disampaikan via blog nya. Contoh :http://rahard.wordpress.com (
Budi Rahardjo ), http://radityadika.com (
Raditya Dika )
b. Corporate Blog. Blog
yang di publish oleh korporasi. poin pentingnya adalah, blog ini merupakan
online representative atau “wajah dari perusahaan” tersebut di ranah internet.
BIasanya berkontenkan langkah – langkah yang diambil oleh perusahaan, press
realease, konfirmasi terhadap suatu isu tertentu, budaya perusahaan, ulasan
mendalam tentang suatu isu yang berkaitan dengan perusahaan, dsb.
c. Project / Product Blog. Blog
yang berisi tentang perkembangan suatu project / product. Baik project / produk
tersebut berupa aplikasi web , varian baru dari suatu produk, dsb . konten dari
blog jenis ini menampilkan perkembangan atau kabar terbaru dari project /
produk tersebut. Contoh :www.ymessengerblog.com (
Yahoo! Messanger), http://googlechromereleases.blogspot.com (
Google Chrome )
d.
Niche Blog. Blog
yang kontennya berfokus pada suatu niche atau topik tertentu. Pada umumnya,
blog jenis ini membuat ‘blog’ nya menjadi subjek dari post yang dibuat, alias
tidak menunjukan karakter dari penulis konten melainkan karakter dari blog itu
sendiri. Blog jenis ini merupakan jenis blog yang mudah untuk di monetisasi (
monetisasi = menghasilkan uang ) karena memiliki target pembaca tertentu. http://publishedmind.blogspot.com
2. Berdasarkan Tujuannya
a.
Blog untuk berorientasi
personal. Poin –
poin yang mencirikan blog jenis ini : niche nya seringkali beragam, dan bahasa
yang digunakan subjektif atau berorientasi pada penulis post ( blogger oriented
).http://hermansaksono.com
( Herman
Saksono )
b.
Blog untuk Personal Branding. Blog yang dibuat untuk mempromosikan
“kapasitas” atau kemampuan dari si pembuat blog / blogger. Ciri – ciri umumnya
: membahas niche tertentu, banyak berisi ulasan mendalam, penggunaan bahasa
yang formal atau semi formal, dan blog menunjukan karakter si blogger.
Contoh : http://muhammadisman.blogspot.com (Trainer), http://hermawan.typepad.com ( Marketing Consultant), http://romisatriawahono.com ( IT Consultant )
c.
Blog untuk Monetisasi. Sering juga disebut, build for
adsense, meskipun selain PPC ( Adsense ) ada juga sumber income lainya. Blog
yang berorientasi pada pengunjung. informasi yang ditampilkan berorientasi pada
pengunjung karena diharapkan blog memiliki banyak pengunjung. banyak pengunjung
= high traffic = high clicks = high income.
Blog jenis
ini pada umumnya sangat memperhatikan aspek – aspek yang menunjang supply
traffic untuk blog, seperti aspek SEO, widget social bookmark, dsb dsb.http://problogger.net, http://shoemoney.com
d.
Blog untuk portofolio. Blog yang menampilkan hasil karya dari
blogger. pada umumnya blog jenis ini dibuat untuk menampilkan karya desain,
fotografi ( photoblog ), dan komik ( comicblog ). contoh :http://chickenstrip.wordpress.com, www.my-photo-blog.com/
e.
Blog untuk katalog. Blog yang kontennya berisikan daftar
hal – hal yang menarik untuk blogger. Pada umumnya katalog design, kumpulan
link – link, dsb. Contoh : http://bestwebgallery.com, http://cssgallery.com
3. Berdasarkan Kontennya (Tipe media yang digunakan)
c. Sketchblog - Blog yang berkontenkan kumpulan sketsa
portofolio pemiliknya. Contoh: Kristen’s Sketchblog
e. Tumbleblogs - blog berisikan entri text pendek dan
kombinasi berbacai media. Contoh: poetsch.org’s tumbleblog
f. Typecasting Blog –
Blog yang kontennya merupakan tulisan yang diketik menggunakan mesin tik /
tulisan tangan / notes yang lalu di scan dan dipublikasikan melalui blog.
Contoh: Type-Ten.com
g. Splog - singkatan dari spam blog. Blog berisikan
HANYA iklan and nothing else. Terkadang disepipi beberapa konten
copy paste. Contoh: Come on, sudah terlalu banyak blog seperti ini. Masa harus
di beri tahu?
h. Blog iklan baris –
Blog berisi iklan baris. Iklan, iklan dan iklan. Contoh:http://blogiklanbaris.com/
i.
Blog Copy Paste - Blog
yang kontennya copy paste dari blog lain. Berdasarkan Device (tools yang
digunakan)
4. Berdasarkan Genre
a. Personal Blog – Blog pribadi,
tentang seseorang
b. Political Blog – Blog bertopik
Politik
c.
Travel
Blog – Blog
berkategorikan travelling, atau panduan travelling
d.
Fashion
Blog – Blog tentang
fashion
e.
Music
Blog – Blog tentang
musik
f.
Education
Blog – Blog tentang
pendidikan
E.
CARA
MEMBUAT BLOG
1. Masukan
alamat www.blospot.com
setelah itu isikan data user dan password anda pada www.Gmail.com.
Jika belum memiliki akun Gmail, pilih sign up.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar